Jumat, 22 Februari 2013

JENIS-JENIS LOMBA TBPSC 2013



Perlombaan dalam TBPSC dibagi menjadi 4 (empat) divisi dengan total cabang lomba sebanyak 19 (sembilan belas) perlombaan, yaitu:

      i.        Divisi Teknologi
a.    Spaghetti Bridge
Membuat konstruksi jembatan dari bahan spaghetti mentah yang harus mampu bertahan menahan beban minimal 900 gr dengan panjang 50 cm, lebar maksimal 10 cm dan tinggi minimal 5 cm. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SD dan SMP se-Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta terdiri dari 1 kelompok. 1 kelompok terdiri dari 3 anggota.

b.    Photo Editing
Mengedit foto sekreatif mungkin dengan tema tahun ini adalah Robotika.Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SMP se- Jawa Barat. Peserta adalah perorangan.

c.    Photography Contest
Mengambil foto sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SMP se- Jawa Barat. Peserta adalah perorangan.

d.    Blog Design
Membuat tampilan layout blog sesuai kebutuhan dan temanya seunik mungkin, berdasarkan aplikasi dari web blog yang telah ditentukan (multiply.com). Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SMP dan SMA se- Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta adalah perorangan.

e.    Robotika dari barang bekas
Robotika adalah lomba yang bertemakan robot. Peserta akan membuat robot dari barang bekas dengan sekreatif dan semenarik mungkin. Tujuan robotika diadakan agar orang orang di dunia ini bisa memanfaatkan barang barang bekas dan sampah-sampah yang sudah banyak menumpuk di bumi ini. Sasaran dari lomba ini adalah siswa SD dan SMP se-Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta terdiri dari 1 kelompok. Untuk SD, 1 kelompok terdiri dari 3 orang sedangkan SMP, 1 kelompok terdiri 2 orang.

    ii.        Divisi Bahasa
a.    Spelling
Mengeja kata-kata yang telah disediakan oleh juri. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SD dan SMP se- Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta adalah perorangan.

b.    Speech
Membacakan Pidato dengan mengutarakan pendapat dan solusi akan permasalahan. A Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SD dan SMP se- Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta adalah perorangan.

c.    Story Telling
Bercerita sesuai dengan cerita yang sudah disediakan. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SD dan SMP se- Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta adalah perorangan.

d.    News Reading
Membaca berita dengan tema atau judul yang telah ditentukan. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SD dan SMP se-Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta adalah perorangan

e.    Lomba Cipta Cerpen
Berkreasi membuat cerita pendek dengan tema yang ditentukan. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SD dan SMP se- Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta adalah perorangan.








   iii.        Divisi Seni
1)    Architecture
Menggambar arsitektur sebuah bangunan, jembatan, rumah tinggal, gedung, atau café dengan gagasan sendiri. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SMP dan SMA se- Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta adalah perorangan.

2)    Sculpture
Membuat bentuk 3 dimensi dari bahan plastis (tanah liat) dengan memperlihatkan dimensi ruang yang utuh dan imajinasi yang kreatif. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SMP se- Jawa Barat. Peserta adalah perorangan.

3)    Collage
Membuat komposisi artistik yang dibuat dari bahan seperti kain, kayu, kertas, dll yang ditempelkan pada permukaan gambar dengan tema bebas. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SD dan SMP se- Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah.Peserta terdiri dari 1 kelompok(3 orang)
           
4)    Manga Character
Membuat karakter anime yang utuh yang dipadu dengan setting tempat (background) yang sesuai dengan ciri khas dan karakter obyeknya. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SD dan  SMP se- Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta adalah perorangan.

5)    Mural Painting
Lomba kreasi melukis pada permukaan dinding tripleks yang dicat dengan cat putih, dan pewarnaan dilakukan dengan menggunakan cat tembok. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SMP se- Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta terdiri dari 1 kelompok(3 orang)

6)    Cloth Design
Mendesain baju bekas, menjadi baju baru dengan menggunakan hiasan dan cat. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SMP se- Jawa Barat. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta adalah perorangan.

7)    Modern Dance
Lomba kreasi menampilkan gerakan dance per-group. Penilaian dinilai bedasarkan koreografi, kekompakan, kostum dan keunikan masing masing group.


   iv.        Divisi Matematika dan Sains
a.    Math Olympic
Menyelesaikan soal Matematika bertaraf internasional. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SMP dan SMA se-Kota Bandung. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta adalah perorangan.

b.    Science Olympic
Menyelesaikan soal campuran Fisika dan Biologi bertaraf internasional. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SMP dan SMA se-Kota Bandung. Penilaian dilakukan terpisah. Peserta adalah perorangan.



Selengkapnya...

Jumat, 15 Februari 2013

SOAL ULANGAN AKSELERASI 2 (2)

PILIHAN GANDA
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
NO
NEGARA

NO

NEGARA
1
2
3
Aljazair
Nigeria
Venezuela
4
5
6
Brunai
Bangladesh
Malaysia
1.      Dari daftar diatas, yang termasuk anggota OPEC adalah…..
A.      1,2,3
B.      2,3,4
C.      3,4,5
D.      4,5,6

2.      Alat pembayaran internasional dapat berupa….
A.      Cek, valuta asing dan obligasi
B.      Valuta, cek dan emas
C.      Kurs valuta asing, cek dan devisa
D.      Devisa, Valas dan saham

3.      Salah satu contoh program kerjasama antara negara-negara Asia Tenggara ialah…..
A.      Pertukaran pelajar antara sesama angota ASEAN
B.      Menjaga stabilitas harga minyak bumi dunia
C.      Memberikan bantuan keuangan dan neraca pembayaran internasional
D.      Memberikan bantuan pinjaman dan saran untuk pemerintah Indonesia

4.      Kegiatan tukar menukar barang antar negara disebut…..
A.      Organisasi kerjasama ekonomi
B.      Persatuan Bangsa-Bangsa
C.      Perdagangan antar negara
D.      Persatuan negara-negara pedagang

5.      Penjualan barang atau jasa dari dalam negeri ke luar negeri disebut….
A.      Impor
B.      Barter
C.      Dumping
D.      Ekspor

6.      Indonesia tidak lagi menjadikan minyak sebagai komoditas andalan untuk ekspor karena…..
A.      Minyak sudah habis persediannya
B.      Persediaannya berkurang dan harganya tidak stabil
C.      Minyak sudah tidak laku lagi dipasar internasional
D.      Indonesia sudah maju dibidang industri dan jasa

7.      Pengertian devisa ialah….
A.      Semua barang yang dapat dijadikan sebagai alat bayar internasional
B.      Uang yang berbentuk kertas berharga dan diterima sebagai alat tukar internasional
C.      Proses pertukaran barang atau jasa antar negara
D.      Nilai perbandingan nilai mata uang suatu negara dengan negara lain

8.      Organisasi kerjasama ekonomi yang meliputi sebuah wilayah tertentu contohnya adalah…..
A.      WHO
B.      IMF
C.      GATT
D.      ASEAN

9.      Kerjasama ekonomi yang melibatkan banyak negara dunia disebut kerjasama…..
A.      Regional
B.      Internasional
C.      Multilateral
D.      Nasional

10.    Untuk membongkar dan membangun kembali candi Borobudur Indonesia mendapatkan bantuan dari……
A.      WHO
B.      UNICEF
C.      UNESCO
D.      ILO

11.    Karena nilai mata uang setiap negara berbeda maka dibuatlah perbandingan nilai setiap mata uang internasional yang disebut…..
A.      Devisa
B.      Kurs
C.      Valuta asing
D.      Obligasi
  

1
2
3
4
IGGI
IMF
UNIDO
ASEAN
IFC
APO
ASEAN
MEE
NAFTA
WHO
ILO
WTO
12.    Yang termasuk kerjasama ekonomi regional adalah…..
A.      1
B.      2
C.      3
D.      4

13.    Salah satu hambatan paling besar dalam kerjasama dan perdagangan internasional ialah sebagai berikut…..
A.      Perbedaan kebijakan politik dan ekonomi
B.      Letak geografis suatu negara
C.      Alat komunikasi yang tersedia
D.      Jumlah penduduk yang berbeda jumlah dan kualitasnya

14.    OPEC adalah contoh jenis kerjasama ekonomi……
A.      Regional
B.      Internasional
C.      Multilateral
D.      Nasional

15.    Salah satu sumber devisa bagi negara Indonesia ialah……
A.      Kegiatan impor
B.      Kegiatan ekspor
C.      Pembelian alat-alat produksi
D.      Pembiayaan kegiatan budaya di luar negeri

16.    Contoh kebijakan proteksi yang paling tepat adalah...
A.     Negara memberlakukan pajak bagi barang yang masuk ke Indonesia
B.     Negara membatasi jumlah produk Negara China
C.     Karena konflik, Amerika Serikat memutuskan hubungan ekonomi dengan Libya
D.     Indonesia memberlakukan pajak tinggi untuk film Hollywood agar film nasional bias bangkit kembali

17.    Dampak negative dari globalisasi ekonomi adalah...
A.     Tekhnologi masuk ke Negara-negara terbelakang
B.     Terjadinya pemisahan Negara kaya dan miskin
C.     Tergantungnya Negara miskin terhadap Negara maju
D.     Negara maju tidak bias lagi menguasai sumber daya alam Negara miskin

18.    Organisasi yang menyiapkan cadangan devisa Negara yang kekurangan keuangan Negara dan memberikan konsultasi moneter adalah tujuan dari...
A.     IMF
B.     IBRD
C.     ADB
D.     Liga Arab

19.    Kesulitan dalam melakukan kerjasama ekonomi adalah...
A.     Perbedaan kebijakan politik dan ekonomi dunia
B.     Kekayaan alam tiap negara berbeda
C.     Kenaekaragaman bahasa mempersulit komunikasi
D.     Ketersediaan alat transportasi

20.    Dampak negatif perdagangan internasional ialah..
A.      Ketergantungan thd negara lain
B.      Meningkatkan kerjasama antar negara
C.      Transfer ilmu dan tekhnologi
D.      Mudah mendapat barang atau jasa

Selengkapnya...