Selasa, 26 Agustus 2008

MELAYANI ANAK CERDAS ISTIMEWA

Oleh : Imam Wibawa Mukti,S.Pd
(Koordinator Akselerasi SMP Taruna Bakti Bandung dan
Tim Resource Center Keberbakatan Jawa Barat)

A. PENDAHULUAN
Sebuah kehormatan bagi saya bisa berdiskusi dan memaparkan tentang pelaksanaan program akselerasi sebagai salah bentuk implemetasi dari pendidikan inklusi di sekolah kami. Semoga dari kegiatan studi banding ini, kami SMP Taruna Bakti dapat memperoleh ilmu tentang dunia pendidikan, khususnya tentang penyelenggaraan program akselerasi.
Bapak/Ibu yang saya hormati, landasan filosofis yang melatarbelakangi penyelenggaraan program akselerasi di SMP Taruna Bakti adalah kesadaran kami akan pentingnya layanan ini sebagai pemenuhan akan hak mereka (anak jenius) untuk mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai dengan kemampuan mereka yang melebihi kebutuhan rata-rata usia sebaya mereka. Apabila kami tidak melayani mereka maka kami telah berbuat dzalim karena mengabaikan hak mereka.
Landasan empiris, selama dalam proses belajar mengajar, kami sering menemui tantangan dari beberapa murid yang sering dianggap “trouble maker”, “pemberontak”, “pembosan” atau “pemalas”. Namun dilain pihak kreatifitas dan nilai akademis mereka sangat menonjol dibandingkan teman sebaya mereka.
Landasan Yuridis, kemudian kami menyadari pula bahwa melayani kebutuhan anak cerdas istimewa adalah merupakan amanat dari UNDANG-UNDANG RI NO. 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL BAB IV PASAL 5 AYAT 4 MENYATAKAN BAHWA :
“WARGA NEGARA YANG MEMILIKI POTENSI KECERDASAN DAN BAKAT ISTIMEWA BERHAK MEMPEROLEH PENDIDIKAN KHUSUS”
BAB V PASAL 12 AYAT 1 MENEGASKAN BAHWA
“SETIAP PESERTA DIDIK PADA SATUAN PENDIDIKAN BERHAK :
1.MENDAPATKAN LAYANAN PENDIDIKAN SESUAI DENGAN BAKAT, MINAT, KEMAMPUANNYA
2.MENYELESAIKAN PROGRAM PENDIDIKAN SESUAI DENGAN KECEPATAN BELAJAR MASING-MASING DAN TIDAK MENYIMPANG DARI KETENTUAN BATAS WAKTU YANG DITETAPKAN
Oleh karena itulah maka kami pada tahun 2003 membuka kelas khusus bagi anak cerdas istimewa yang disebut dengan kelas akselerasi. Jadi sampai saat ini kami telah menginjak tahun ke-6 penyelenggaraan akselerasi, telah meluluskan 4 angkatan ke SMA dan 2 angkatan ke perguruan tinggi. Tahun 2008-2009 ini kami sedang dalam proses perekrutan kelas akselerasi angkatan-7.

B. UNTUK SIAPA LAYANAN AKSELERASI ?
Layanan percepatan belajar ini diperuntukkan bagi siswa-siswa yang masuk dalam kategori cerdas istimewa. Adapun indikator yang dijadikan standar kategori cerdas istimewa adalah 3 ranah kemampuan, yaitu IQ,Task Commitment dan Emotional Quotion (Renzuli).

C. PENJARINGAN DAN PENYARINGAN SISWA AKSELERASI
Penentuan peserta akselerasi melalui du atahap yaitu penyaringan dan penjaringan :
1. Tahapan penyaringan meliputi :
a. Seleksi akademis :
1) Indeks Raport (diatas 110)
2) Nilai tes masuk (IPA, Mat,B.Ingg,B.Indonesia rata-rata 8)
b. Psikotest :
1) IQ diatas 129
2) TC dan CQ rata-rata 3 (scala Cattel dan Wesler)
2. Tahap penjaringan:
a. Observasi :
1) Guru Mata Pelajaran
2) Teman
3) Orang tua
b. Pernyataan kesiapan :
1) Orang tua
2) Siswa akselerasi
3. Penetapan (1 Agustus)

D. KURIKULUM AKSELERASI
Karena karakteristik dari siswa cerdas istimewa dan pelayanan yang bersifat individual maka menuntut adanya kurikulum yang fleksibel, “up to date” dan mampu memenuhi kebutuhan siswa akselerasi. Kurikulum untuk program akselerasi dituntut untuk mampu menampilkan kemampuannya dalam mengantisipasi waktu pembelajaran selama dua tahun tanpa membebani siswa dan guru secara tekhnis. Kurikulum ini disebut dengan KURIKULUM BERDIFERENSIASI YAITU KURIKULUM NASIONAL DAN LOKAL YANG DIMODIFIKASI DENGAN PENEKANAN PADA MATERI ESSENSIAL DAN DIKEMBANGKAN MELALUI SISTEM ESKALASI/PENDALAMAN DAN ENRICHMENT/PENGAYAAN YANG DAPAT MEMACU DAN MEWADAHI INTEGRASI SECARA PENGEMBANGAN SPIRITUAL, LOGIKA, ETIKA DAN ESTETIKA, KREATIF, SISTEMIK, LINIEAR DAN KONVERGEN

E. SYARAT GURU AKSELERASI
Pada prinsipnya, seluruh guru berhak mengajar di program akselerasi. Namun mengingat tingkat tuntutan dan wawasan yang diperlukan bagi guru akselerasi maka selama ini SMP Taruna Bakti melakukan identifikasi guru akselerasi melalui :
Ø Fun
Ø Creative
Ø Prepared
Ø A good listener
Ø Aware of individual students needs
Ø An active learner
Ø An inspiration to the students
Ø Committed
Ø Responsible
Ø Motivated
Ø Positive
Ø Terbuka pd ide baru & saran
Ø Supportive
Ø Tiap hari energinya utk siswa belajar
Penilaian ini berdasarkan pada hasil intersupervisi dari Kepala Sekolah, Koordinator Akselerasi dan rekan MGMP dan kemudian direkomendasikan kepada Kepala Sekolah untuk ditindaklanjuti.
Diikuti kemudian dengan sertifikasi internal dengan melakukan pelatihan dan lokakarya intern yang mengundang para pakar dan para ahli untuk membekali guru dalam melayani dan mendampingi siswa akselerasi.

F. STRATEGI PEMBELAJARAN DI KELAS AKSELERASI
1. Pair work
2. Group / team work
3. Discussion
4. Debate
5. Presentations
6. Project work
7. Ownership of work
8. Research
9. Multi-media
10. Quizzes / Games
11. Process not product
12. Choice of topics
13. Creative assignments

G. FASILITAS KELAS
Fasilitas yang dimiliki SMP Taruna Bakti tidak hanya di diberikan kepada program akselerasi karena SMP Taruna Bakti telah melaksanakan “Moving Class” dengan fasilits kelas yang merata terdiri atas :
White board
LCD/Infokus
Komputer
OHP
Televisi
DVD Player
AC
Gorden

FASILITAS SEKOLAH
RUANG PUSAT SUMBER BELAJAR DAN RUANG AUDIOVISUAL LENGKAP DENGAN SOFTWERE SEMUA MATA PELAJARAN
RUANG DAN BUKU PERPUSTAKAAN YANG MEMADAI
RUANG DAN ALAT LAB. IPA, IPS, BAHASA, KERTAKES DAN KOMPUTER JARINGAN INTERNET
RUANG OSIS
RUANG BIMBINGAN KONSELING
TEMPAT IBADAH
FASILITAS OLAHRAGA
RUANG SERBAGUNA/AULA
POLIKLINIK
RUANG KOPERASI
KANTIN SEKOLAH
KAMAR MANDI DAN WC

H. PENGATURAN WAKTU PROGRAM AKSELERASI
KELAS REGULER
KELAS VII
KELAS VIII
KELAS IX
SEMESTER I
SEMESTER II
SEMESTER III
SEMESTER IV
SEMESTER V
SEMSTER VI
SEMESTER I
SEMESTER II
SEMESTER III
SEMESTER IV
SEMESTER V
SEMSTER VI
TINGKAT I
TINGKAT II
KELAS AKSELERASI

JAM KE
WAKTU
KETERANGAN
1 07.00-07.45
2 07.45-08.30
3 08.30-09.15

09.15-09.45IBADAH PAGI
ISTIRAHAT

4 09.45-10.30

5 10.30-11.15

6 11.15-12.00
12.00-12.30 IBADAH SIANG
ISTIRAHAT

7 12.30-13.15
HARI JUMAT
PLH
8 13.15-14.00 HARI JUMAT
PENGEMBANGAN DIRI

I. PENUTUP
Demikianlah uraian singkat dari pelaksanaan layanan program akselerasi di SMP Taruna Bakti. Semoga informasi ini bermanfaat bagi seluruh dunia pendidikan khususnya layanan bagi siswa cerdas istimewa

J. REKOMENDASI
1. Akselerasi hanyalah salah satu layanan bagi siswa cerdas istimewa sehingga kami meminta Dinas Jawa Timur mengadakan penelitian dan pengembangan metode lainnya (Pull-Out, Skipping, Sekolah khusus, modul )
2. Memberikan perhatian khusus kepada sekolah yang berkomitmen memberikan layanan pendidikan inklusi dengan memberikan bantuan fasilitas dan pendampingan dalam peningkatan sumber daya guru (beasiswa studi lanjutan kepada guru yang berkomitmen pada layanan pendidikan inklusi)
3. Memberikan subsidi biaya sekolah kepada siswa cerdas istimewa karena mereka adalah asset bangsa dan sebagai komitmen pemerintah pada dunia pendidikan karena siswa cerdas istimewa bisa muncul dari status ekonomi apapun.
4. Melakukan sistem yang terintegrasi dan komprehensif dalam pelayanan pendidikan berkelanjutan bagi siswa akselerasi untuk melanjutkan pendidikan di sekolah lebih tinggi dengan kemudahan sebagai bentuk penghargaan kepada orang tua dan siswa yang memiliki keistimewaan kemampuan akademis.

Bandung, Juni 2008

Koordinator Akselerasi SMP Taruna Bakti
Imam Wibawa Mukti,S.Pd
Info :
Web : www.smptarunabakti.com
Blog : www.cogitoergowibisum.blogspot.com
e-mail : akselerasismptarunabakti@yahoo.co.id

Tidak ada komentar: