DRA. INDUN LESTARI SETYONO. MPSI
Pelatihan Workshop Sekolah penyelenggara Akselerasi di Jawa Barat
Bandung, 19 Agustus 2008
LATAR BELAKANG
Perlunya acuan standar dalam tata laksana psikologi untuk layanan pendidikan siswa CI/BI
Sebagai wujud jaminan kualitas dalam penyelenggaraan pendidikan
Menghindari adanya kemungkinan penyimpangan dalam pelaksanaan
RUANG LINGKUP
Identifikasi, Rekruitmen dan Penjaringan
Pengembangan Desain Kurikulum
Pengembangan desain dan proses pembelajaran
Pengembangan model evaluasi
Standarisasi guru
Standarisasi sarana dan prasarana
Relasi sekolah dengan orang tua
IDENTIFIKASI SISWA CI/BI
Memiliki IQ yang tergolong very superior ( IQ >128 skala IST atau 130 skala WISC)
Kemampuan menampung materi pelajaran /stimulus di lingkungan lebih besar dibandingkan siswa reguler.
Lebih cepat menangkap dan menyelesaikan tugas yang dihadapi
Membutuhkan tugas yang menantang
Cepat bosan sehingga tampak malas untuk mengerjakan tugas
Banyak ide, sehingga sering memberi reaksi yang tidak sama dengan teman sebayanya
TUJUAN DAN PERILAKU YANG DIHARAPKAN DARI SIWA CI/BI
•Tujuan :
Mampu mengembangkan pemikiran yang kritis (Critical Thinking)
•Perilaku yang diharapkan ;
Siswa mudah membuat kesimpulan yang tepat berdasarkan suatu data
PERTIMBANGAN DALAM PEMBELAJARAN
Bagaimana dan kapan siswa dapat menjalankan penyelidikannya (Explorasi) secara mandiri ?
Dapatkah siswa CI/BI mengkreasi suatu produk yang sama dengan hasil yang pasti baik (Bagaimana perkembangan critical thinking nya ?
Apakah guru telah membuat suatu daftar materi yang dapat dipilih siswa , yang dapat menimbulkan minat belajar
Proses belajar yang mana yang tepat untuk dilakukan agar terjadi perkembangan belajar sisiwa
MENGAPA DIBUTUHKAN PENDAMPINGAN GURU
Sejauh mana guru memahami karakteristik dari siswa CI/BI
Sejauh mana guru mengkreasikan idenya dalam pembelajaran
Sejauh mana guru paham mengenai cara mengembangkan berpikir kritis pada siswa ?
Sejauh mana guru paham bahwa penanganan siswa CI/BI didasarkan pada paradigma yang berbeda dengan kelas reguler
HASIL TEMUAN DAN LOKAKARYA
•Guru paham mengenai kelas akselerasi namun kurang memahami karakteristik dari siswa CI/BI
Pembelajaran yang dilakukan sama dengan pembelajaran kelas reguler, hanya waktu dan materi lebih diperbanyak.
•Siswa kurang mempunyai kesempatan bermain atau mengembangkan aspek sosialisasi
•Guru yang mengajar di kelas aksel masih dilakukan dengan sistem bergiliran
Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan Seputar Layanan Pendidikan Anak Cerdas Istimewa
Minggu, 24 Agustus 2008
PENDAMPINGAN PSIKOLOGI BAGI GURU DAN KOORDINATOR CI/BI
at
17.46
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar