Kamis, 06 Mei 2010

Surat Pengumuman Kelulusan SMP Dikirim Malam Ini

TEMPO Interaktif, Bandung - Tingkat kelulusan ujian nasional siswa SMP sederajat di Jawa Barat pada tahun ini menurun. Dari 636.511 peserta ujian, 15 ribu siswa diantaranya belum lulus. Rencananya pengumuman ujian akan disampaikan serentak Jumat (7/5) besok.

Menurut Ketua Panitia ujian nasional Dinas Pendidikan Jawa Barat, Asep Hilman, kelulusan siswa SMP sederajat di Jawa Barat sebesar 97,59 persen. Adapun pada 2009 mencapai lebih dari 98 persen. "Sekarang kelulusan menurun, tapi masih di atas provinsi lain di pulau Jawa," katanya, Kamis (6/5).

Menurut Asep ada 4 penyebab menurunnya jumlah lulusan ujian utama tahun ini. Pertama, terkait naiknya angka minimum kelulusan dari 5,25 menjadi 5,50, makin ketatnya pengawasan ujian, dan kesiapan psikologis siswa menghadapi ujian. "Juga karena nanti ada ujian ulangan, tahun lalu tidak ada," ujarnya.

Tentang cara pengumuman basil ujian tersebut, Dinas Pendidikan Jawa Barat menyerahkan ke masing-masing sekolah. Dinas meminta siswa tetap di rumah. "Orang tuanya besok (Jumat) bisa datang ke sekolah atau menunggu kiriman surat lewat pos," ujar Asep.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Oji Mahroji mengatakan, surat hasil ujian akan dikirim ke rumah setiap siswa. Pengiriman itu akan dimulai malam nanti. "Kami sudah membangun kerja sama dengan PT Pos," ujarnya.

Kelulusan ujian di kota Bandung yang diikuti 36 ribu siswa mencapai 98 persen. Dalam persentase, di Jawa Barat ada 6 daerah yang tingkat kelulusannya tinggi. Daerah itu adalah Kota Bogor (99,26), Kota Banjar (99,25), Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka masing-masing (99,21), Kabupaten Sumedang (99,18), dan Kabupaten Tasikmalaya (99,12).

Kelulusan terendah terdapat di Kabupaten Karawang (92,23). Siswa yang belum lulus saat ini, masih punya kesempatan mengikuti ujian nasional ulangan pada Juni mendatang.

ANWAR SISWADI

Tidak ada komentar: